Minggu, 16 Desember 2007

contoh RPP Sekolah Dasar atau sederajat

RANCANGAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah : MI Negeri Pasar Kemis
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/I
Waktu : 2 x 35 Menit
Pendekatan : contekstual teaching learning
Metode : ekspositori, penemuan, tanya jawab, latihan, diskusi

Standar Kompetensi
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk pengginaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran

Indikator dan pencapaian hasil belajar
· Menggunakan sifat komutatif (pertukaran), asosiatif (pengelompokkan), dan distributif dalam penghitungan
· Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan serta ratusan terdekat
· Menaksir hasil operasi hitung (menjumlahkan, mengurangkan, mengali, dan membagi) dua bilangan

Materi Pokok dan Uraian Materi Pokok
Operasi hitung bilangan bulat
Sifat komutatif, asosiatif dan distributif serta pembulatan dan penaksiran

Pengalaman Belajar
· Menjumlahkan kancing merah dan kancing putih kemudian ditukar urut-urutannya.
· Menjumlahkan bilangan terbesar lebih dahulu daripada bilangan yang keci dibandingkan dengan menjumlahkan bilangan terkecil dahulu baru kemudian bilangan yang besar.
· Mengalikan bilangan yang kecil dengan bilangan yang besar dibandingkan dengan mengalikan bilangan yang besar dengan bilangan yang kecil.

Sumber/Bahan/Alat
Handoko, Tri. 2006. Terampil Matematika 5. Jakarta: Yudhistira.
Kancing berwarna-warni

Skenario Pembelajaran
Mengabsen dan menanyakan kabar siswa (5 menit). Menyampaikan kepada siswa materi apa yang akan disampaikan (3 menit). Apersepsi atau mengingat kembali (10 menit) tentang macam-macam bilangan bulat yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya. Memotivasi siswa (2 menit) dengan cara menyampaikan apa kegunaannya mempelajari materi ini.
Masing-masing siswa diminta intuk mengeluarkan 5 butir kancing berwarna merah dan 5 butir kancing berwarna putih serta 5 kancing berwarna hijau(3 menit). Kemudian siswa melakukan percobaan (25 menit) dengan menggunakan kancing-kancing tersebut. Misal:
1. 5 kancing merah + 4 kancing putih apakah hasilnya akan sama dengan penjumlahan 4 kancing merah + 5 kancing putih? (sifat komutatif)
2. pertama, jumlahkan 2 kancing merah dengan 3 kancing putih lalu jumlahkan lagi dengan kancing hijau sebanyak 4. apakah hasilnya akan sama dengan 2 kancing merah dijumlahkan dengan hasil penjumlahan 3 kancing putih + 4 kancing hijau?
Setelah itu, siswa diminta mengerjakan latihan seperti berikut (15 menit):
1. 20 + 23 = …
2. 23 + 20 = …
3. 41 + 55 = …
4. 55 + 41 = …
5. 72 + 87 = …
6. 87 + 72 = …
Berdasarkan percobaan-percobaan yang telah dilakukan, siswa diminta untuk berdiskusi (5 menit) dengan teman sebangkunya dan menemukan sendiri kesimpilan apa yang dapat diambil dari percobaan tersebut.
Guru menanyakan kepada beberapa siswa (3 menit) kesimpulan apa yang dapat ia ambil. Guru menyimpulkan hasil diskusi siswa (2 menit). Guru menutup pertemuan dan memberikan pekerjaan rumah (2 menit).

Penilaian
Penialain Kognitif
Guru memberikan postes berupai uraian, seperti:
1. 27 + 30 = … + …
2. 89 + 71 = … + …
3. 23 + (41 + 5) = (… + …) + …
4. (91 + 200) + 9 = … + (… + …)
5. 54 + (58 + 25) = (… + …) +…

Analisis Hasil Belajar dan Tindak Lanjut
Batas ketuntasan belajar siswa adalah bila siswa mencapai nilai 6. Bagi siswa yang belum tuntas harus diberikan remedial.

1 komentar:

berhitung yuk..... mengatakan...

waaah.....
lumayan jadi contoh buat saya nih....